Artikel Gratis Buat Kamu

Contoh Teks Editorial dan Penjelasannya


Artikel Terkait dengan Contoh Teks Editorial dan Penjelasannya

Sebelumnya mari kita pahami sedikit tentang Teks editorial
Teks Editorial adalah :
Pandangan penulis/Redaksi dari sebuah berita yang sedang menjadi trending Topick pada saat berita itu diterbitkan dalam sebuah surat kabar.

Sedikit gambaran tentang teks editorial
Apabila mencermati rubrik pada surat kabar, beberapa surat kabar memiliki halaman editorial atau tajuk rencana (sebutan lain untuk halaman editorial pada surat kabar Kompas). Editorial sendiri merupakan artikel yang merepresentasikan pandangan dari surat kabar yang bersangkutan mengenai sebuah isu. Karena bukan merepresentasikan pandangan penulis melainkan pandangan dari suatu surat kabar, maka ciri khas pada editorial adalah tidak mencantumkan nama penulisnya. Oleh karenanya akan terlihat kurang meyakinkan jika kita menggunakan kata-kata seperti, “Menurut pendapat saya”, penggunaan kalimat itu akan memperlemah argumen kita. Kita perlu mengingat bahwa surat kabar merupakan saluran suara dari masyarakat, sedangkan editorial merupakan saluran suara dari surat kabar.

Melihat dari tujuannya editorial terbagi menjadi 3.

Pertama, Menjelaskan suatu informasi. Karena bertujuan untuk menjelaskan, maka editorial ini akan menjelaskan atau menginformasikan daripada menyampaikan sebuah sudut pandang. Dalam penulisan editorial, prinsip menjelaskan yang baik adalah kejelasan, kesempurnaan, dan ketepatan. Umumnya tidak hanya menjelaskan, editorial juga memusatkan pada informasi. Ketika editorial menjelaskan sebuah topik seperti kenaikan harga BBM, akan lebih efektif bila menjelaskan apa yang sedang terjadi, memberikan deskripsi yang lengkap mengenai penyebabnya, dan menekankan kepentingan topik itu bagi publik.

Kedua, Meyakinkan pembaca. Secara umum editorial yang bertujuan meyakinkan pembaca menawarkan solusi yang spesifik atas suatu permasalahan yang dirasakan. Editorial ini lebih mengutamakan tindakan yang sesegera mungkin daripada memahami situasi yang terjadi. Misalnya bila editorial memberitakan mengenai sebuah sekolah yang tengah mengalami kontoversi , maka editorial jenis ini akan menawarkan kesempatan untuk berkompromi.

Ketiga, Menilai peristiwa. Editorial ini berfokus pada tindakan atau situasi yang dianggap oleh editor sebagai sesuatu yang salah dan memerlukan perbaikan atau pun sesuatu yang patut dipuji. Jika editorial melakukan kritik, maka itu haruslah kritik yang membangun. Ketika mengkritik, kita berkewajiban untuk memberikan alternatif solusi. Bila penulis memberikan kritik terhadap lambannya penanganan dan idetifikasi korban pesawat sukhoi, maka penulis harus memberikan solusi seperti perbaikan medan yang sulit dijangkau, pelaksanaan identifikasi lewat jalur dara yang lebih cepat, dan sebagainya.

Jika kita memuji suatu hal, maka harus ada alasan yang jelas mengapa kita melakukannya. Seperti ketika surat kabar memuji kinerja pemerintah atas korban pesawat sukhoi, penulis editorial ini memberikan alasan berupa cekatan dan tanggapnya pemerintah dalam mengidentifikasi korban

Contoh Teks Editorial klik untuk memperbesar





Description: Contoh Teks Editorial dan Penjelasannya Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Contoh Teks Editorial dan Penjelasannya


Artikel yang mirip:



Gali lebih banyak tentang Contoh Teks Editorial dan Penjelasannya
0 Komentar untuk "Contoh Teks Editorial dan Penjelasannya"
Back To Top