Artikel Gratis Buat Kamu

Jenis jenis Batu Akik | Gambar dan penjelasan


Artikel Terkait dengan Jenis jenis Batu Akik | Gambar dan penjelasan

Demam batu akik sedang trend di indonesia harga batu akik yang sebelumnya sangat rendah sekarang bahkan bisa lebih tinggi dari emas,karna batu akik memiliki keunikan dan sejarah tersendiri dan bukanlah logam seperi emas atau perak sehingga tidak memiliki patokan harga. Untuk itu silahkan kenali jenis batu akik anda berikut ini adalah jenis batu akik terkenal beserta gambarnya



Batu akik sisik naga khas Enrekang

sumber gambar: kompas.com

Batu akik sisik naga khas Enrekang, Sulawesi Selatan,Salah satu jenis yang langka adalah batu sisik naga bercorak emas. batuan alam yang termasuk kelompok septarian noudles itu lebih keras ketimbang batu akik jenis lainnya. Saat digerinda, batu ini sangat keras, mirip besi. Warga Enrekang, Sulawesi Selatan, menduga sisik naga motif baru ini mengandung emas meskipun belum dibuktikan secara ilmiah.


Batu akik kalimaya

Sumber gambar: liputan6.com

batu akik asal Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak ini memiliki karakteristik berbeda dengan batuan lainnya. Batu akik hasil 'fermentasi' alam ini bahkan harganya mencapai 2.500 dollar/karat dan masuk dalam jajaran 10 batu mulia termahal di dunia. Konon batu ini nama aslinya adalah Kali Maja karena batu ini berada di dalam sungai atau kali yang ada di Maja.

Batu akik red rafflesia

Sumber gambar: kompas.com

Batu akik red Raflesia berasal Bengkulu. Red rafflesia ini diketahui beberapa kali memenangkan kontes batu akik Nusantara hingga menjadi incaran dan buruan para pencinta akik. red rafflesia memiliki warna khas layaknya bunga raflesia. Ada juga yang berwarna merah.

Batu akik cincin bungur dan anggur api

Sumber gambar: Kompas.com

Dua batu akik ini berasal dari Tanjung Bintang, Lampung Selatan, dan Kabupaten Way Kanan, Lampung. Kedua batu cincin ini memiliki ciri khas sendiri. Batu bungur warnanya bening bercahaya, konon batu tersebut tergolong kelas batu mulia tingkat dunia. Batu bungur juga belakangan mulai sulit ditemukan di alam. Atas alasan itulah, batu cincin asal Lampung Selatan itu memiliki harga yang istimewa. Sementara batu anggur api berwarna putih. Pada bagian dalamnya menyerupai cangkang telur, dan jika disinari cahaya akan terlihat lidah api yang menarik.

Batu akik Pirus Besi

Sumber gambar: Liputan6.com

Batu akik pirus besi berjenis Badar atau dengan nama lain biasa disebut Black and White Obsidian. Batu yang memiliki tingkat kekerasan mineral 4,5 skala mohs ini, ditemukan di Ampana, Kabupaten Tojo Unauna oleh komunitas batu akik Tadulako Gemstone Palu. Batu ini memiliki keunikan tersendiri dari pelbagai batu akik jenis Badar yang bisa ditemukan di beberapa daerah di tanah air, khususnya di Bacan. Keunikannya terlihat dari serat-serat yang ada di dalam batu, karena memunculkan corak yang sangat khas dan jika disandingkan bersama magnet akan menyatu.

Batu giok natural gold

Sumber gambar: Okezone.com

Batu giok natural gold berasal Tanah Gayo Aceh. Batu ini ditemukan di sebuah sungai pedalaman Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Batu ini dominan berwarna kuning emas. Batu giok natural gold dengan kadar kekerasan di atas tujuh skala mohs ini termasuk salah satu batu langka dan unik, sehingga wajar harganya mahal.

Batu bacan

Sumber gambar: Okezone.com

Batu bacan merupakan jenis batu yang diperoleh dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku. Batu bacan memiliki beragam warna, bahkan suhu tubuh manusia bisa memengaruhi keindahan batu bacannya. Suhu tubuh bisa mempengaruhi proses kematangan batu bacan yang dipakai, semakin panas suhu tubuh, maka semakin matang batu bacannya. Ketenaran batu Bacan membuat petinggi negara seperti Presiden Barack Obama, Susilo Bambang Yudhoyono hingga Sultan Brunei mempergunakan batu bacan. Harga batu bacan pun memiliki nilai beragam, bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran.

Batu akik spritus

Sumber gambar: Mongabay.co.id

Batu akik jenis biru langit atau yang lebih dikenal dengan nama spritus, banyak ditemukan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Batu jenis spritus asal Baturaja ini masuk kategori kalsedon. Batu ini dikenal juga dnegan nama Blue Sky. Masyarakat lokal mengenal pula dengan nama “Batu Spiritus” lantaran warnanya biru seperti spiritus, yang biasa digunakan untuk lampu api. Meskipun tidak masuk dalam 10 besar batu mulia yang terkenal di dunia, tapi skala mosh Blue Sky mencapai angka 7, melebihi batu Kalimaya dan Kecubung.


Batu hijau Garut

Sumber gambar: metroterkini.com

Batu ini berasal dari Garut, Jawa Barat di Gunung Bungbulang. Batu Garut dengan warna hijau khas yang tidak ada duanya ini dapat memancarkan cahaya terang, apabila disorot cahaya dari bawah cincinnya. Serat batu hijau yang tampak di dalam terlihat indah seolah awan yang terjebak di dalam batu.

Batu Bulu Macan

Sumber gambar: www.bogornews.com

Batu Bulu Macan masuk kategori batu akik atau agate. Batu ini, juga termasuk satu dari beberapa batu akik Indonesia yang pamornya sudah terkenal ke seluruh dunia. Batu bulu macan berasal dari daerah Jawa Timur sekitar Lumajang dan Jember. Disebut bulu macan, karena batu ini bisa mengeluarkan warna seperti bulu macan.


Batu sarang tawon

Sumber gambar: Okezone.com

Batu sarang tawon bisa ditemukan di Provinsi Jambi. Batu ini awalnya memang mirip sarang tawon yang menggantung di atas ranting pohon. Alasan disebut Batu Sarang Tawon karena motif yang ada di dalam batu ini terlihat seperti sarang lebah atau tawon dengan serat atau ruas menyerupai gelembung dan lubang-lubang udara. Batu ini merupakan fosil yang terbentuk dari terumbu karang dan beberapa makhluk laut lain yang ikut membeku dan mengkristal selama ribuan tahun. Warna dari batu ini pun bermacam-macam, seperti hijau, cokelat, putih, kehitaman, kuning dan merah.

Batu Giok lumut Aceh

Sumber gambar: catatannajwa.com

Batu Giok Lumut berasal dari kampung yang juga bernama Lumut di Kecamatan Linge, Aceh Tengah. jenis Giok Lumut memiliki karakter warna hijau tua, dan menurutnya begitulah warna giok yang sebenarnya. Giok Aceh mempunyai ciri khas, jika dipegang terasa dingin.


Batu Cempaka lavender

Sumber gambar: atjehpost.co

Batu cempaka lavender ini disebut-sebut banyak terdapat di Aceh Jaya. Warnanya ungu, seperti bunga lavender. Jika disenter, cahayanya masuk ke dalam lantaran berwarna bening transparan.


Batu Akik Klawing

Sumber gambar: detik.com

Batu Akik Klawing berasal dari Klawing, Purbalingga, Jawa Tengah. Salah satu yang paling dikenal yakni jenis batu naga sui. Batu ini merupakan ciri khas Sungai Klawing. batu naga sui itu hanya ada disungai klawing. Ada beberapa jenis batu Klawing, seperti Pancawarna Kristal, Telor Kodok, dan Nogo Sui.


Batu Akik Bio Solar Aceh

Sumber gambar: Fajarnews.com

Batu Bio Solar Aceh merupakan salah satu batu mulia yang masuk dalam golongan batu Idocrase. Bio Solar ini memiliki ciri khas warna mirip dengan warna BBM solar dan memiliki efek/jiwang yang kuat, efek itu membentuk alami didalam struktur batu tersebut. Untuk itulah batu ini diberi nama Bio Solar.


Batu akik gambar

Sumber gambar: aktualita.co

Batu Akik jenis pictorial agate adalah batu akik berupa gambar atau lukisan yang terbentuk secara alami. Selain batu akik yang mirip dengan gambar Roro Kidul ini, dipasaran juga pernah ditawakan batu akik pictorial agate badar berupa gambar pemandangan asal Bengkulu yang ditawarkan dengan harga Rp. 2 Milyar. Batu akik bergambar Roro Kidul ini merupakan jenis batu akik pancawarna dan dibeli hanya dengan harga Rp. 50.000 di pasar batu akik Rawa Bening Jakarta. Batu tersebut kemudian diolahnya dan ternyata menampilkan gambar yang menawan.


Batu akik Ginggang Lukulo

Sumber gambar: banyumasnews.com

Batu akik Ginggang Lukulo asal Kebumen merupakan batuan mulia yang dipercaya berusia paling purba yang terbentuk bersamaan terbentuknya aliran sungai Luk Ula dan situs purba Karangsambung. Batuan itu disinyalir salah satu jejak proses jutaan tahun silam yang ditandai pengangkatan dasar samudera hindia di wilayah itu setelah terjadinya tumbukan lempeng antar benua, eurasia dan samudera Hindia. Ginggang Luk Ulo yang bercirikhas memiliki guratan seperti serat rambut dan mampu memendarkan tujuh warna pelangi saat disorot cahaya. Kata ginggang (Jawa) berarti bergeser, bergerak, berubah. Dinamakan batu ginggang karena sifat mineral penyusunnya yang mempunyai kemampuan menyerap cahaya dan energi secara halus dan kemudian memancarkannya kembali ke luar secara searah membentuk suatu pola gerak yang halus seperti aliran air yang tenang. Tekstur garis-garis dalam batu ginggang terbentuk dari sedimentasi penyusunan yang sangat lama (jutaan tahun). Jenis batuan ginggang sendiri ada bermacam-macam. Ada yang jernih dan ada yang pekat. Semakin tinggi tingkat kejernihan dan kelembutan garis batuan ini, semakin besar pula daya serap dan daya pancar yang dihasilkan.

Batu akik lumuik Sungai Dareh

Sumber gambar: metroterkini.com

Batu lumuik Sungai Dareh atau lumut sungai dareh adalah batu akik yang berasal dari Sumatera barat yaitu di daerah solok yang kemudian diproses menjadi batu perhiasan yang indah.. batu Sungai Dareh termasuk batu mulia yang berjenis Idocrase dan disebut juga sebagai batu mulia Vesuanite. Selain keindahan corak serta warna batu sungai Dareh ini ternyata juga memiliki kelebihan lain yaitu tingkat kekerasan, yaitu sebesar 7 skala Mohs yang setara dengan batu jenis kecubung Amethyst.



BATU PANCA NUR








Batu Panca Nur atau pancha warna adalah sejenis batu akik yang memiliki ciri -ciri punya lebih dari dua warna hingga lima warna. Warna yang sering muncul biasanya: merah, hijau, kuning, hitam. Batu Panca Nur yang asli biasanya jika dipegang terasa lebih berat dari batu seukurannya



BATU HAKIKAT








Batu hakikat berasal dari batu batuan gunung yang sudah berumur ribuan tahun. Batu ini juga dikenal dengan sebutan badar lumut disebabkan adanya sejumlah tumbuhan lumut didalamnya menurut para pakar batu hakikat ini adalah batu hidup yg bersifat sejuk.



BATU ZAMRUD








Emrald atau lebih dikenal dengan sebutan batu zamrud adalah batu permata bewarna hijau dan disukai oleh banyak orang sejak dulu kala.

Para pecinta batu cincin banyak yang menyebut jika batu zamrud ini sangat menarik. Batu zambrut berasal dari colombia.Tingkat kekerasan zamrud dalam skala Mohs yaitu antara 7 sampai 9.

Nilai jual batu zamrud yang sangat tinggi membuat tidak banyak orang yang bisa memilikinya dengan mudah.Pada zaman dulu, batu zamrud hanya dipakai oleh golongan bangsawan,raja-raja dan petinggi negara sebagai simbol keagungan dan kekuasaan.



BATU KECUBUNG atau Amethyst













Batu kecubung atau disebut juga Amethyst adalah batu yang berwarna ungu. Asal katanya dari Yunani (Greece) yang artinya penawar,dimana menurut kepercayaan orang dahulu arak yang diminum di dalam gelas yang terbuat dari amethyst tidak akan menyebabkan yang meminumnya menjadi mabuk.




Batu kecubung memiliki kekerasan 7 pada skala Mohs. Batu kecubung telah dipakai sejak zaman awal Mesir kuno. Batu Kecubung yang berkualitas menurut para ahli batu hanya diperoleh di negara-negara seperti Brazil, Uruguay, Siberia, Russia dan India.




Batu ini juga populer sebagai bahan perhiasan raja-raja dan petinggi-petinggi negara zaman dulu.




Di samping warna ungu, batu kecubung juga memiliki beberapa warna yang menarik, seperti warna merah jambu. Namun menurut para ahli batu kecubung yang berkualitas adalah yang bewarna ungu kebiru-biruan.



BATU BADAR BESI













batu badar besi disebut juga dengan nama batu pati ayam atau secara ilmiah adalah magnetsteen karena jika didekatkan pada magnet, batu bada besi akan bergerak-gerak atau berputar-putar




batu badar besi mengandung unsur ferum dengan kandungan oksigen yang tinggi dan memiliki warna abu kehitaman dan memiliki kekerasan 5-6 skala Mohs.




Banyak yang bilang batu badar besi banyak dijumpai di daerah Brazil, Mexico, Australia dan Amerika, daerah dekat kawasan pergunungan yang sering terjadi banjir lahar ratusan tahun lalu.



MERAH DELIMA








Ada yang menyebutkan Ruby atau batu delima merah dikenali karena warna merahnya yang melambangkan perasaan cinta, kuasa dan kemegahan.




Menurut pakar batu, batu Rubi adalah raja segala batu permata atau dikenali sebagai "king of germstone" yang begitu termasyhur di seluruh nusantara bahkan seantero dunia.




Batu merah delima terkenal karena kecantikan fisiknya. Ada juga batu merah delima yang berwarna merah jambu (pink) dan merah hati (merah tua).




Kekerasan batu merah delima sebagai batu permata adalah sangat keras yaitu pada ukuran 9 pada bacaan skala Mohs.




Merah Delima yang paling terkenal berasal dari negara Burma (sekarang Myammar) karena kualitas dan kecantikan batunya. Namun, ada juga batu merha delima dari negara lain seperti negara Afrika Selatan, Pakistan, Afghanistan, Tanzania dan negara India.




Ruby atau batu delima terbaik menurut para ahli akik adalah yang berasal dari myanmar, yang harganya tergantung nilai karatnya.






BATU TIGER EYE (MATA HARIMAU)













Batu Mata Harimau atau TIGER EYE masuk dalam kelompok Quartz. Mengapa dinamakan tiger eye? Karena warna dan jaluran cahaya yang meliputinya jika dipandang seolah-olah seperti mata sang harimau yang sedang merenung tajam.




Warna yang paling menonjol pada batu ini adalah kuning yang bercampur dengan hitam dan campuran coklat serta orange.




Tingkat kekerasan batu ini pada skala mohs adalah bacaan 7 yang banyak dijumpai di negara Afrika Selatan, Rusia, Australia bagian barat, negara Germany dan China.




Tiger's eye cocok dipakai oleh semua golongan dan berbagai lapisan masyarakat.



CHRYSOBERYL CAT'S EYE (MATA KUCING)













Sekilas batu ini mirip dengan tiger eye jika di dalam kegelapan dan ada sedikit cahaya, maka akan muncullah segaris sinar pada batu ini mirip mata hewan kucing. Hal inilah yang menjadi keunikan batu ini sehingga banyak orang yang tergila-gila mencarinya.




Batu cats eye ini umumnya berwarna coklat kehitaman, kuning madu dan warna hijau muda. Batu Cats eye mempunyai kekerasan pada ukuran 8-9 pada skala Mohs.




Chrysoberyl adalah batu permata yang mempunyai nilai yang tinggi di pasaran dengan kualiti yang sangat baik. Negara penghasil utama batu mata kucing ini antara lain: Russia, Tanzania, Sri Lanka, India, Brazil, dan Timur Afrika.




Cats eye Chrysoberyl menjadi batu yang disukai banyak orang pecinta dan kolektor profesional. Penyebabnya, batu permata ini sangat sulit untuk mendapatkanya dan harganya yang agak mahal.




Cat's eye yang baik mempunyai cahaya sebagai jaluran di bagian tengah. Apabila membeli batu yang asli, pastikan "mata kucing" pada batu tersebut berada di bagian tengah dan "mata" tersebut bisa "terbuka" dan "tertutup" jika dimiringkan.






Sekian dulu pembahasan tentang batu akik yang paling dicari






Berikut ini juga ada tambahan sedikit beberapa motif batu akik yang banyak beredar dipasaran



Batu Akik motif merah putih





Batu Akik motif Junjung Derajat














Description: Jenis jenis Batu Akik | Gambar dan penjelasan Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Jenis jenis Batu Akik | Gambar dan penjelasan


Artikel yang mirip:



Gali lebih banyak tentang Jenis jenis Batu Akik | Gambar dan penjelasan
1 Komentar untuk "Jenis jenis Batu Akik | Gambar dan penjelasan"

mantap dah artikelnya kawan.

Back To Top