Artikel Gratis Buat Kamu

Memahami relasi tabel dengan foreign key references innodb


Artikel Terkait dengan Memahami relasi tabel dengan foreign key references innodb

Pengertian Primary Key 
adalah atribut (field) yang dipilih untuk menentukan struktur storage pada organisasi file multi key, adapun key lainnya disebut dengan secondary key. 

Pengertian lainya Primary Key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai dari primary key adalah unik. 
pengertian lain Primary key :Salah satu atrribut dari candidat key dapat dipilih menjadi primary key dengan 3 kriteria sbb :
Key tersebut lebih natural untuk dijadikan acuan
Key tersebut lebih sederhana
Key tersebut cukup uniqe

Pengertian Foreign Key 
adalah Sebuah kumpulan field dalam satu relasi yang digunakan untuk me“refer” (menunjuk) ke suatu baris (tuple) pada relasi yang lain (harus berkorespondensi dengan primary key pada relasi yang kedua), seperti: ‘logical pointer’. 

Gambar database dengan relationship

Sedangkan hubungan antara keduanya (primary key dan foreign key) di jelaskan sebagai berikut,“Primary Key” adalah field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, atau dengan kata lain Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan satu sama lainnya (unik).“Foreign key” adalah satu attribute yang melengkapi satu relationship yang menunjukan ke induknya, dengan kata lain keduanya saling berkaitan. 

pengertian lain ;
Foreign key : merupakan sembarang atribut yang menunjuk kepada primary key pada tabel lain.

Sebuah Database yang memiliki table yang saling berelasi diperlukan Engine Innodb

Innodb adalah
jenis storage engine MYSQL yang di gunakan untuk menyimpan data yang sengat besar, lebih dari MYISAM.
InnoDB adalah mesin penyimpanan default untuk MySQL pada MySQL 5.5. Mesin ini menyediakan fitur transaksi standar ACID-compliant , bersama dengan dukungan foreign key (Referential Integrity deklaratif). InnoDB dimasukkan sebagai standar dalam hampir seluruh binari yang didistribusikan oleh MySQL AB, kecuali pada beberapa versi OEM.


Dalam Database yang memiliki table yang saling berelasi juga dibutuhkan Statemen berikut,

Statement ON DELETE CASCADE dan ON UPDATE CASCADE berfungsi jika record dengan primary key tertentu pada suatu tabel di hapus atau di ubah maka record pada tabel lain yang memiliki foreign key sama dengan primary key pada tabel tersebut akan ikut terhapus atau nilai foreign key nya juga ikut berubah jika di update.

Catatan:

Cara merubah ke Innodb
ALTER TABLE Nama_table ENGINE = InnoDB;
Cara menambahkan Foreign Key
mysql > ALTER TABLE transaksi ADD FOREIGN KEY (noboking) REFERENCES registrasi (noboking);



Description: Memahami relasi tabel dengan foreign key references innodb Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Memahami relasi tabel dengan foreign key references innodb


Artikel yang mirip:



Gali lebih banyak tentang Memahami relasi tabel dengan foreign key references innodb
0 Komentar untuk "Memahami relasi tabel dengan foreign key references innodb"
Back To Top