Perbedaan Jenis Rokok Mild Kretek dan Cerutu

Bagi Penggemar rokok tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Rokok Mild Kretek dan cerutu. Istilah ini sering kita lihat di kotak rokok atau iklan rokok. Namun sudah tahukah anda perbedaan dari semua jenis rokok tersebut?

Berikut adalah penjelasan dari perbedaan jenis rokok Mild Kretek dan Cerutu

Rokok Mild
Rokok dengan jenis Mild di presentasikan mempunyai kandungan tar dan nikotin yang paling rendah dibanding rokok kretek dan cerutu, dan hal ini dikontrol dengan baik/dijamin oleh pabriknya, karena kerendahan kadar tar dan nikotin ini justru menjadi "nilai jual" bagi mereka berkaitan dengan isu kesehatan.(tar dan nikotin adalah penyebab kanker).
Rokok jenis mild rata-rata mengandung sekitar 14-15 mg tar dan 5 mg nikotin.
Karena ringan kandungan tar dan nikotin nya, maka rokok jenis mild juga diberi istilah light, misalnya rokok LA Light, Marlboro light dll.

kandungan tar dan nikotin yang rendah ini disebabkan Pengolahan lebih lanjut dilakukan terhadap tembakau sebelum dicacah halus menjadi setengah serbuk.Cara pengolahan nya dirahasiakan pabrik.Penggunaan teknologi "filterisasi" pada batangan rokok, yaitu menambah busa pada bagian yang akan dihisap sehingga busa berfungsi sebagai penyaring nikotin dan tar (dan memang lewat penelitian terbukti efektif/signifikan).
Rokok mild adalah rokok yang hanya mengandung tembakau sedangkan rokok kretek adalah rokok yang mengandung tembakau dan cengkeh.

Rokok Kretek
Rokok jenis kretek rata-rata mengandung sekitar 20 miligram tar dan 4-5 miligram nikotin.Lebih besar kandungan tar dan nikotin nya dari rokok mild, sehingga resiko kanker menurut dokter jadi lebih besar pula.Rokok tipe kretek ini bisa dilihat dari bungkus rokoknya dan besar kandungan nikotin dan tarnya
Disebut rokok "kretek" karena menurut penggemarnya kalau rokok jenis ini dibakar akan mengeluarkan bunyi "kretek-kretek" (yaitu suara kertas bercampur tembakau cacahan agak kasar yang terbakar).

Cerutu
Cerutu umumnya berbentuk seperti torpedo/kapal selam dengan ukuran lebih besar dan panjang dari dua jenis rokok pertama.Terdiri dari daun tembakau kering yang digulung-gulung menjadi silinder gemuk, lalu dilem. (Jadi tidak dicacah daun tembakau nya).Akibatnya cerutu menjadi yang paling besar dari segala jenis rokok kandungan tar dan nikotin nya dan menjadi yang paling berbahaya menurut dokter.
Rokok jenis ini sering tampil bergaya bersama aktor Holywood zaman dulu misalnya Clark gable bintang Gone with the wind.Pak harto juga gemar dan mengkoleksi rokok jenis ini.Termahal adalah cerutu Cuba...harga nya bisa jutaan rupiah untuk satu batangnya dan dikemas dalam kotak eksklusif.

Demikan informasi tentang perbedaan jenis rokok Mild kretek dan cerutu semoga bermanfaat



BACA SELENGKAPNYA...
Description: Perbedaan Jenis Rokok Mild Kretek dan Cerutu Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Perbedaan Jenis Rokok Mild Kretek dan Cerutu


ARTIKEL TERKAIT:

ket: *Orange = belum dibaca | *Biru = sudah dibaca


0 Komentar untuk "Perbedaan Jenis Rokok Mild Kretek dan Cerutu"
Back To Top