Artikel Gratis Buat Kamu

Keunggulan Pertalite dari Premium


Artikel Terkait dengan Keunggulan Pertalite dari Premium

Pertamina resmi meluncurkan produk bahan bakar terbarunya yaitu Pertalite dengan kadar RON 90 dengan harga Rp 8400 / liter. Menurut Pertamina harga awal ini adalah harga promo yang diberikan oleh Pertamina dan oleh karena itu belum bisa di pastikan harga resmi dari ptralite ini.

Pertamina juga menegaskan bahwa kehadiran pertalite ini bukan untuk menggantikan BBM jenis Premium atau Pertamax, tapi pertalite hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar kendaraan bermotor di kemudian harinya. Masyarakat tetap bisa membeli BBM jenis Premium dan Pertamax seperti biasa

Pertamina meng klaim petralite adalah bahan bakar yang kualitasnya lebih baik dan lebih ramah lingkungan dari premium dan sedikit dibawah pertamax.Namun apa saja kelebihan bahan bakar Pertalite dibandingkan dengan Premium?

Berikut adalah keunggulan Pertalite dari premium
Keunggulan Pertalite dari Premium


Premium

Premium atau biasanya orang menyebut bensin. Premium merupakan BBM jenis distilat yang memiliki warna kekuningan yang jernih. Premium atau bensin mengandung oktan atau Research Octane Number (RON) sebesar 88, paling rendah di antara jenis BBM untuk kendaraan bermotor.

Sebagai BBM dengan nilai Oktan paling rendah, maka premium mempunyai beberapa kelemahan. Dari aspek teknologi, penggunaan premium dalam mesin berkompresi tinggi akan menyebabkan mesin mengalami knocking.

Premium di dalam mesin kendaraan akan terbakar dan meledak tidak sesuai dengan gerakan piston. Knocking menyebabkan tenaga mesin berkurang sehingga terjadi pemborosan atau inefisiensi.

Dari aspek keuangan, knocking yang berkepanjangan berakibat terjadinya kerusakan pada piston sehingga akan lebih cepat untuk mengganti piston.

Kelemahan lain adalah Premium menggunakan tambahan pewarna, menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah besar, Produksi Premium (RON 88) lebih banyak komponen lokal.


Pertalite

Menurut Usman Adhie, manajer teknik Toyota Team Indonesia
“Bahan bakar itu diasumsikan seperti makanan, mobil yang menggunakan Premium itu seperti orang yang kurang asupan gizi,” sambung Usman.

Ia menambahkan, "Bagi mobil yang biasa menggunakan Premium lalu beralih ke Pertalite akan mendapatkan beberapa keuntungan. Antara lain, pembakaran makin sempurna, ruang bakar lebih bersih, dan kadar emisi gas buang yang semakin sedikit."

Menurut General Manager Marketing Strategy and Product Planning PT Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin, penggunaan Pertalite akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit serta performanya yang semakin baik dan efek jangka panjangnya akan menambah ketahanan mesin.

Dari sisi teknologi, sebenarnya kendaraan roda empat di Indonesia rata-rata bisa mengonsumsi BBM RON 90-92, mulai dari Avanza sampai Honda Brio, kecuali Suzuki Katana. Pembuatan bensin jenis baru itu sebenarnya sudah menjadi wacana lama. Pertamina dirasa perlu menjual bensin RON 90. Sejatinya dahulu produk itu ada dengan merek dagang premix.

Kemudian dibanderol dengan harga yang lebih murah ketimbang Pertamax dengan kadar RON 92. Nantinya masyarakat akan mendapatkan BBM kualitas baik dengan harga lebih murah.



Description: Keunggulan Pertalite dari Premium Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Keunggulan Pertalite dari Premium


Artikel yang mirip:



Gali lebih banyak tentang Keunggulan Pertalite dari Premium
0 Komentar untuk "Keunggulan Pertalite dari Premium"
Back To Top