Artikel Gratis Buat Kamu

Jenis Jenis Pidato yang harus Diketahui


Artikel Terkait dengan Jenis Jenis Pidato yang harus Diketahui

Dalam menyampaikan Pidato kita harus memahami dulu apa tujuan dan maksut kita berpidato karena banyak jenis dari sebuah pidato Adapun Jenis-jenis pidato antara lain

1. Pidato Informasi

Pidato Informasi pengertiannya aialah pidato yang tujuannya menyampaikan sebuah informasi, memberitahukan, ataupun menjelaskan sesuatu hal. Dalam pidato ini Suasana yang serius dan tertib benar-benar dibutuhkan, karena perhatian akan dipusatkan pada pesan yang akan disampaikan. Dalam hal ini, orang yang berpidato haruslah orang yang bisa berbicara dengan jelas, sistematis, dan tepat isi agar informasi yang disampaikan benar-benar terjaga keakuratannya. Dengan demikian, pendengar akan berusaha menangkap informasi dengan sungguh-sunguh.

Beberapa contoh pidato informasi antara lain: (a) pidato Ketua Umum Pemilu tentang hasil pemilihan suara; dan (b) pidato Mensekneg sehabis sidang kabinet.

2. Pidato Persuasi

Pidato Persuasi adalah pidato yang bertujuan menyakinkan pendengar tentang sesuatu. Jika pada Pidato Informasi kita menyampaikan sesuatu maka dalam Pidato persuasi kita harus meyakinkan orang lain.

 Pada jenis pidato ini, orang yang berpidato benar-benar dituntut memiliki keterampilan berbicara yang baik, karena bertugas untuk mengubah sikap pendengarnya dari tidak setuju menjadi setuju, dan tidak mau membantu menjadi mau membantu, dari tidak percaya menjadi percaya. Dalam pidato ini, si pembicara atau orang yang berpidato harus melandaskan isi pembicaraannya pada argumentasi yang nalar, logis, masuk akal, dan dapat dipertanggungjawabkan.
i
Beberapa contoh pidato persuasi antara lain: (1) pidato pimpinan partai di daerah yang kurang menyenangi partai tersebut; (2) pidato pimpinan BRI pada masyarakat yang lebih senang berhubungan dengan tengkulak; atau (3) pidato calon kepala desa di daerah yang massanya belum simpati kepadanya.

3. Pidato Aksi

Pidato Aksi adalah pidato yang bertujuan untuk menggerakkan. Pidato aksi memiliki persamaan dengan pidato persuasi. Perbedaannya pada pidato persuasi hasil yang diharapkan ditujukan pada kepentingan pribadi atau lembaga, sedangkan pidato aksi bertujuan untuk mencapai tujuan bersama. Pada pidato jenis ini, orang yang berpidato haruslah orang yang berwibawa, tokoh idola, atau panutan masyarakat yang memiliki keterampilan berbicara dan pandai membangkitkan semangat.

Beberapa contoh pidato aksi antara lain:

(1) pidato presiden Soekarno pada saat menggerakkan rakyat Indonsia untuk tetap memiliki semangat dalam berjuang melawan penjajah; atau
(2) pidato Bung Tomo saat menggerakkan para pemuda dengan cara membangkitkan semangat juang mereka pada Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Itulah beberapa macam pidato dan contoh pidato. Nah setelah mengetahui macam-macam pidato dan contoh pidato selanjutnya adalah mempersiapkan pidato agar pidato kita berjalan lancar.

Persiapan yang dilakukan sebelum Pidato



Description: Jenis Jenis Pidato yang harus Diketahui Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Jenis Jenis Pidato yang harus Diketahui


Artikel yang mirip:



Gali lebih banyak tentang Jenis Jenis Pidato yang harus Diketahui
0 Komentar untuk "Jenis Jenis Pidato yang harus Diketahui"
Back To Top