Artikel Gratis Buat Kamu

Terminologi Sistem Informasi


Artikel Terkait dengan Terminologi Sistem Informasi

Terminologi
Terminologi atau peristilahan adalah ilmu tentang istilah dan penggunaan gabungan kata yang digunakan dalam konteks tertentu.

Sistem
Seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, mesin atau alat dan prosedur serta konsep-konsep yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.

Informasi
Data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan berarti bagi yang menerimanya

Terminologi Sistem informasi
adalah terdiri dari komponen-komponen yang berupa fungsi orang, aktivitas, kejadian dan sebagainya yang saling berhubungan dan melengkapi satu sama lain untuk mencapai satu atau lebih tujuan yang telah ditetapkan

Beberapa defini sistem menurut para ahli

1.Prof. Dr. Mr. S. Prajudi A. mendefinisikan sistem adalah suatu yang terdiri dari obyek,
unsur-unsur atau komponen- komponen yang berkaitan dan berhubungan satu sama
lainnya, sehingga unsur-unsur tersebut merupakan satu kesatuan proses.

2. Drs. Komarudin, mendefinisikan sistem adalah suatu susunan yg teratur dari kegiatan
yang berhubungan satu sama lainnya serta prosedur-prosedur yang berkaitan untuk
melaksanakan dan memudahkan pelaksanaan kegiatan dari suatu organisasi

3. Menurut Gordon B Davis
Sistem adalah seperangkat unsur unsur yang terdiri dari manusia, alat konsep dan
prosedur yang dihimpun untuk maksud dan tujuan bersama.

4. Menurut Raymond Mc Leod
Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk
mencpai suatu tujuan.

5. Gordon B. Davis, menyatakan bahwa sistem bisa berupa abstrak atau fisik.
• Sistem Abstrak yaitu suatu sistem yang memiliki susunan yang teratur dari gagasan-
gagasan aau konsepsi yang saling bergantung.
• Sistem Fisik yaitu suatu sistem yang berupa serangkaian unsur yang bekerja sama
untuk mencapai suatu tujuan.

6. Alter (1992) Sistem Informasiadalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yangdiorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

7. Bodnar dan Hopwood (1993)Sistem Informasia dalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna

8. Gelinas, Oram, dan Wiggins (1990)Sistem Informasiadalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengeloladata serta menyediakan informasi keluaran kepada para pemakai.

9. Hall (2001)Sistem Informasiadalah sebuah rangkaian prosedur formal di mana data dikelompokkan, diprosesmenjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai

10. Turban, McLean, dan Wetherbe (1999)Sebuah sistem informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkaninformasi untuk tujuan yang spesifik .

11. Wilkinson (1992) Sistem Informasiadalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumberdaya (manusia, komputer)untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaranperusahaan.Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas denganmenggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkatlunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).Sistem komputer dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut adalah elemen-elemen yangterkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer.Sistem Informasimerupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antarsubsistemnya,sistem informasiakan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat danakurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

12. Bodnar dan HopWood (1993) Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

13. Henry C. Lucas Sistem Informasi adalah kegiatan dari suatu prosedur-prosedur yang diorganisasikan bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam organisasi

14. John F. Nash dan Martin B. Robert Sistem Informasi adalah suatu kombinasi dari orang-orang, fasilitas teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar untuk pengambilan keputusannya yang cerdik.

15. John F. Nash (1995:8) yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa Sistem Informasi adalah : Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat

16. Kertahadi (dalam Fatta, 2007) sistem informasi adalah suatu alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya adalah untuk menyajikan informasi guna pengambilan keputusan pada perencanaan, pemrakarsaan, pengorganisasian, pengendalian kegiatan operasi suatu perusahaan yang menyajikan sinergi organisasi pada proses (Murdick & Ross, dalam Fatta 2007)

17. Rommey (1997:16) yang dialihbahasakan oleh Krismiaji (2002; 12) adalah sebagai berikut : Sistem Informasi adalah cara-cara yang diorganisasi untuk mengumpulakn, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan cara-cara yang diorganisasi untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi sedemikian rupa sehingga sebuah organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

18. George M.Scott,2001Sistem informasi adalah sistem yang diciptakan oleh para analisis dan manajer guna melaksanakan tugas khusus tertentu yang sangat esensial bagi berfungsinya organisasi.

19. Robert A.leitch dan K.Roscoe davis Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian , mendukung operasi ,bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

20. Bodnar dan Hopwood (1993) Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

21. Gelinas, Oram, dan Wiggins (1990) Sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada pemakai.



Description: Terminologi Sistem Informasi Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Terminologi Sistem Informasi


Artikel yang mirip:



Gali lebih banyak tentang Terminologi Sistem Informasi
0 Komentar untuk "Terminologi Sistem Informasi"
Back To Top