Terminologi sistem Informasi pemasaran

   Dewasa ini, informasi sangat dibutuhkan untuk keefektifan kegiatan-kegiatan perusahaan. (Glazer, 1991). Keragaman informasi yang tersedia bagi para pemimpin perusahaan meningkat setiap tahunnya, dan teknologi tersedia untuk memproses informasi ini berkembang secara berkelanjutan. Perubahan-perubahan ini membuat pelaksanaan informasi pemasaran menjadi rumit dan menciptakan bagi para pemimpin perusahaan yang mencari keunggulan kompetitif di dalam pasar.


   Dalam lingkup yang lebih luas lagi, kesempatan-kesempatan ini secara langsung diakibatkan oleh perluasan, revolusi secara terus menerus di dalam berbagai teknologi informasi. Lebih dari yang pernah ada, perusahaan-perusahaan telah terhubung ke ekonomi global. Pasar-pasar semakin cepat dipengaruhi oleh tindakan-tindakan para pesaing,kebijakan-kebijakan baru dari pemerintah, perubahan teknologi, perubahan persepsi konsumen, dan bahkan perubahan-perubahan di dalam produk, harga, daya jual, sistem distribusi, dan program-program promosi perusahaan yang bersangkutan. Agar tetap kompetitif di dalam era informasi ini, para pemimpin pemasaran harus menemukan cara baru untuk mengatur informasi mengenai perubahan lingkungan pasar dan pengaruhnya dalam pengambilan keputusan-keputusan perusahaan. Informasi yang ada harus diatur dengan tujuan untuk memberikan panduan dalam membuat keputusan. Hal ini membutuhkan pengembangan sistem informasi yang terencana.

Pengertian Sistem Informasi Pemasaran
Untuk memahami apa yang dimaksud dengan sistem informasi pemasaran dan mengapa
sistem itu sangat membantu bagi suatu organisasi, kita harus terlebih dahulu mengerti apa
yang dimaksud dengan pemasaran.

 Asosiasi Pemasaran Amerika (American Marketing
Association / AMA) telah mendefinisikan pemasaran sebagai “suatu proses pelaksanaan
konsep, harga, promosi, dan pendistribusian ide, barang dan jasa untuk menciptakan
perdagangan yang memuaskan individu dan tujuan-tujuan organisasi” (Bennet, 1988: 54).
Tindakan-tindakan yang ada digambarkan di dalam definisi ini karena para pelaku
pasar lebih menitik beratkan pada berbagai aspek dari organisasi perusahaan modern, mulai
dari perencanaan, penelitian dan pengembangan hingga pabrikasi, transportasi,
pergudangan dan pemantauan inventarisasi, begitu juga dengan program-program promosi
dan penjualan. Untuk menjalankan kegiatan-kegiatan ini secara efektif para pemimpin
pemasaran membutuhkan informasi yang akurat dan peralatan untuk memproses informasi
tersebut.


Komponen-Komponen Dasar Sistem Informasi Pemasaran
Komponen-komponen dasar SIP terdiri atas 5 hal berikut ini:
1. Lingkungan internal (internal environment)
2. Perangkat pengguna (user interfaces)
3. Basis data (database)
4. Sofware / perangkat lunak aplikasi (applications software)
5. Dukungan adminitratif (administrative supports)



BACA SELENGKAPNYA...
Description: Terminologi sistem Informasi pemasaran Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Terminologi sistem Informasi pemasaran


ARTIKEL TERKAIT:

ket: *Orange = belum dibaca | *Biru = sudah dibaca


0 Komentar untuk "Terminologi sistem Informasi pemasaran"
Back To Top