Contoh ceramah singkat

Berikut ini adalah contoh ceramah singkat, tapi bukan ceramah yang biasa yang  kita dengar di masjid, atau dipengajian, tapi ceramah ini adalah ceramah sederhana dan singkat tentang kesehatan, jika kamu pelajar ini bisa kamu jadikan bahan pembelajaran untuk membuat ceramah disekolah

Ceramah Singkat: Bahaya Merokok

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati bapak ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.

Pada kesempatan kali ini saya mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk menyampaikan ceramah sederhana yang semoga bermanfaat untuk diri saya pribadi khususnya dan pendengar pada umumnya.

Pertama-pertama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan YME karena dengan segala nikmatnya kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat.

Bapak-ibu dan teman-teman yang saya hormati,

Setiap orang pasti menginginkan hidup sehat. Bahkan seorang perokok berat pun bila ditanya juga memilih hidup sehat. Kali ini saya akan menyampaikan bahaya merokok bagi kesehatan. Perlu kita ketahui, sebenarnya rasa tidak enak ataupun rasa stress yang dirasakan seorang perokok adalah efek dari adiksi atau kecanduan. Hanya 8 detik setelah hisapan pertama para perokok akan segera mendapatkan rasa rileks, yang sebenarnya merupakan pemenuhan tuntutan nikotin pada syarat-syaraf otaknya. Ketika syaraf-syaraf tersebut menagih nikotin yang selalu disuplai lewat kebisaan merokok, dia akan mereka tertekan dan tidak dapat memusatkan pikirannya.

Adanya zat aditif pada rokok akan membuat perokok menginginkan rokok untuk kedua kalinya. Zat adiktif inilah yang dapat menyebabkan penyakit kanker, serangan jantung, impotensi, serta gangguan kehamilan dan janin.

Selain menyebabkan berbagai penyakit, merokok dapat menjadikan seorang miskin. Uang yang seharusnya digunakan untuk hal–hal yang bermanfaat malah dibakar begitu saja. Itu merupakan contoh kemubaziran. Sebagai seorang muslim, kita harus menghindari rokok, karena rokok dapat merugikan kita dunia akhirat. Sebaiknya, uang yang kita miliki digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, misalnya membeli buku, bersedekah, dan sebagainya.

Bapak-ibu dan teman-teman yang saya hormati. Demikianlah ceramah yang bisa saya sampaikan dengan harapan segala kebaikan kita senantiasa dirahmati Tuhan YME. Dan mudah-mudahan kita selalu dituntun olehNya melakukan perbuatan terpuji dan berakhlak mulia. Amin.

Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikian Contoh ceramah singkaatnya semoga bermanfaat



BACA SELENGKAPNYA...
Description: Contoh ceramah singkat Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Contoh ceramah singkat


ARTIKEL TERKAIT:

ket: *Orange = belum dibaca | *Biru = sudah dibaca


0 Komentar untuk "Contoh ceramah singkat"
Back To Top