Free article For you

Cara menjadikan laptop / notebook sebagai hotspot



Komputer laptop atau notebook  yang  dilengkapi WLAN card bisa menjadi WiFi access point atau hotspot dengan koneksi internet yang dipakai oleh computer host.Dengan cara ini kita bisa membuat laptop atau notebook menjadi hostpot dan berbagi jaringan internet ke perangkat yang memiliki wifi seperti hp dan laptop. namun, langkah-langkah yang dibahas hanya bisa dipraktikkan pada computer dengan system operasi windows 7.
dengan catatan :
· - Koneksi ini lebih tepat digunakan di lingkungan yang sifatnya kecil seperti di dalam rumah
· - Komputer Host telah terkoneksi dengan internet baik berupa ADSL atau Modem USB.

Aktifkan Service yang diperlukan

Sebelum mengaktfikan virtual WiFI, ada beberapa service di Windows yang harus diaktifkan. Service-service tersebut berkaitan dengan proses sharing yang nanti akan dilakukan.


1. Buka jendela Run (tombol Windows + R) dan tulisa “services.msc” (tanpa tanda kutip)


2. Pastikan service yang bernama Internet Connection Sharing dan Windows Firewall dalam keadaan aktif dengan status Automatic atau Manual.




3. Bila statusnya Disabled, klik dua kali nama servicenya lalu ubah Starup Type menjadi Automatic.

4. Jika muncul error yang menyatakan The dependency service or group failed to start, artinya service berkaitan yang sedang dalam keadaan tidak aktif atau disabled.

5. Solusinya adalah pilih tab Dependencies dan lihat daftar service yang ditampilkan. APakah semuanya dalam keadaan aktif? Jika ada yang tidak atif, aktifkan dengan cara seperti langkah 3.


6. Restart PC.

Virtual WiFi
Setelah semua service diaktifkan langkah pertama yang akang kita lakukan adalah memunculkan Virtual WiFi. Bila anda lihat di Device Manager, secara default Virtual WiFi tidak akan muncul di Network Adapter.


Begitu pula bila dilihat di Control Panel > Network and Internet > Network Connections. Tidak ada koneksi bernama Virtual WiFi.


Untuk memunculkan Virtual WiFi, ada informasi yang mengatakan bahwa Driver WLAN yang digunakan sudah harus mendapatkan sertifikasi dari Windows. Namun, dari beberapa WLAN yang dicoba, dirver yang belum mendapatkan sertifikasipun ternyata masih bisa dimanfatkan. Beginilah cara mengaktifkan virutual WiFi.

1. Pastikan konesi Internet dalam keadan mati. Sebagai administrator, buka Command prompt dan ketikan perintah netshwlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaJaringan key=PasswordJaringan. Untuk ssid, silakan diisi sesuka anda, tapi untuk key, pastikan gunakan password yang berisi delapan karakter. Tekan Enter dan akan keluar pemberitahuannya ……….



2. Jika sukses, di Device Manager muncul adapter baru bernama Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter

di Control Panel > Network and Internet > Network Connections akan muncul koneksi baru yang menggunakan Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter.


Bila Virtual WiFi ini tidak muncul, coba gunakna driver lain, baik yang tersmi maupun dari pihak ketiga.\

3. Langkah berikutnya adalah proses sharing. Buka Control Panel > Network and Sharing Center. Di jendela sebelah kiri, klik Change adapter settings.


4. Klik kanan koneksi Internet yang akan di sharing, dalam hal ini adalah koneksi yang menggunaan ADSL atau USB Modem (yang digunakan adalah koneksi EVDO yang menggunakan USB Modem) pilih properties.



5. Pilih tab Sharing, beri centang pada Allow Other network users to connect through this computer’s Internet Connection. Pada Home Networking connection, pilih koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual WIFi Miniport Adapter. Dalam contoh kami adalah Wireless Network Connection 2. Jangan sampai keliru dengan koneksi yang menggunakna WLAN card anda! Klik OK



Cara Penggunaan
Pada dasarnya, Virtual WiFi bisa dikendalikan melalui command prompt. Namun, daripada repot, kita bisa memanfaatkan freeware bernama Virtual Router yang bisa di download disini dengan ukuran file 1,01 MB.

1. Instal Virtual Router seperti bisa….setelah instalasi selesai, tutup dulu Virtual Routernya



2. Aktifkan koneksi Internet ANda. AKtifkan pula WLAN card Anda (nyalakan WiFi), dan jalankan kembali Virtual Router. Di Network Name dan Password, isikan sesuai dengan yang anda buat pada langkah sebelumnya. Pada Shared Connection, pilih nama koneksi internet yang Anda pakai. Seperti di contoh kami, koneksi yang dipilih adalah yang menggunakna modem USB EVDO. Klik Start Virtual Router


3. Sekarang dari computer lain yang ingin bergabung ke hotspot tersebut, nyalakan WiFinya. Klik icon koneksi yang ada di system tray dan pilih nama jaringannya. Klik connect.



4. Masukan password dan klik OK. Maka, computer sudah bisa menggunakna hotspot.



5. Di jendela Virtual Router, bila ada computer atau perangkat lain yang terhubung ke hotspot, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.......kami sudah mencobanya ke notebook dan ponsel berOS android semuanya terkoneksi dengan baik.



6. Untuk mematikan hotspot, tinggal klik Stop Virtual Router lalu matikan WLAN anda.
Selamat Mencoba ….
Tag : Internet, Software, Tips Komputer tersedia dalam versi mobile silahkan buka lewat smartphone anda :
2 Komentar untuk "Cara menjadikan laptop / notebook sebagai hotspot"

terimakasih soobbb 100% berhasill

kalau ga di setting dulu di komputernya ga apa2?
maksudnya langsung kita memakai software?

Silahkan berikomentar...

Back To Top