Artikel Gratis Buat Kamu

Hasil Pilkada Kota Samarinda 2010 Calon Walikota Samarinda


Artikel Terkait dengan Hasil Pilkada Kota Samarinda 2010 Calon Walikota Samarinda

Ribuan warga yang terdaftar sebagai pemilih pada daftar pemilh tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU Samarinda mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih pasangan calon wali kota dan waki wali kota Samarinda 2010-2015.

Sejak Selasa (12/10) pagi, sekitar pukul 07.00 Wita, warga mulai berbondong-bondong mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilih mereka.

"Pilkada Samarinda ini jauh lebih sepi dibanding pemilu legislatif, pemilu presiden, dan pemilihan gubernur. Biasanya, sejak pagi banyak warga yang mengantri unuk menggnakan hak pilihnya tetapi kali ini agak sedikit lengang," ungkap seorang petugas KPPS di TPS 35, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Selasa.

Hal senada diungkapkan, Tri seorang warga Jalan dr. Sutomo. "Saat pemilihan presiden dan pemilihan gubernur, saya harus mengantri untuk masuk ke bilik suara tetapi kali ini begitu datang langsung mencoblos karena suasana TPS sepi dan hanya ada petugas KPPS saja," kata Tri.

Dari pantauan, aktifitas di Kota Samarinda sejak Selasa pagi juga terlihat berjalan normal. "Biasanya jika pemilu berlangsung jalan-jalan, jadi sepi karena banyak warga yang datang ke TPS. Apalagi, hari ini (Selasa) ditetapkan sebagai hari libur tetapi jalan tetap terlihat ramai, seerti hari biasa" ungkap warga Sempaja, Adi.

Warga Samarinda itu juga mengaku bahwa pelaksanaan Pemilu Kada Samarinda terlihat berbeda dengan pelaksanaan pemilihan Gubernur Kaltim. "Memang, suasananya sedikit berbeda saat pemilihan gubernur sebab biasanya sejak pagi sudah banyak warga yang antre di TPS, tetapi pada Pilkada Samarinda ini, begitu datang di TPS saya langsung dipersilahkan mencoblos," ujar Saud.

Jumlah pemilih yang terdaftar pada DPT yang telah ditetapkan KPU Samarinda sebanyak 509.069 yang akan menggunakan hak pilihnya pada 1.445 TPS di 53 Kelrahan pada enam kecamatan di Samarinda.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda 2010-2015 diikuti tujuh pasangan calon, tiga peserta yang diusung dari partai politik dan empat pasangan dari calon perseorangan.

Empat pasangan perseorangan itu yakni, Riswan Asmaran dengan Nasir Waladi yang memperoleh 30.927 surat dukungan dari masyarakat dengan nomor urut 1, pasangan Iriansyah Busrah dan Ahmad Faid Ilham dengan 31.819 surat dukungan dengan nomor urut 3.

Calon perseorangan lainnya, Dani Firnanda dan Ridwan Efendi dengan 32.630 surat dukungan memperoleh nomor urut 7 pasangan Sutrisno dan Yulianus Henock yang didukung 30.982 suara, nomor urut 6.

Tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang didukung partai politik yaitu, Andi Harun-Damanhuri yang diusung Partai Golkar, Partai Patriot, Partai Demokrasi Kebangsaan serta Gerindra dengan nomor urut 5, pasangan Ipong Muchlissoni-Edy Kurniawan yang diusung PDIP, PAN serta Hanura mendapat nomor urut 4. Sementara, calon incumbent yang didukung Partai Demokrat, PKS, PPP, Pelopor dan PBR, Syaharie Jaang-Nusyirwan Ismail mendapat nomor urut 2.

Hasil Pilkada kota Samarinda 2010-2015

Description: Hasil Pilkada Kota Samarinda 2010 Calon Walikota Samarinda Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Hasil Pilkada Kota Samarinda 2010 Calon Walikota Samarinda


Artikel yang mirip:



Gali lebih banyak tentang Hasil Pilkada Kota Samarinda 2010 Calon Walikota Samarinda
0 Komentar untuk "Hasil Pilkada Kota Samarinda 2010 Calon Walikota Samarinda"
Back To Top