Artikel Gratis Buat Kamu

Pengertian DirectX 8.9.10


Artikel Terkait dengan Pengertian DirectX 8.9.10

DirectX (atau bisa disebut Direct3D) adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia khususnya permainan komputer dalam sistem operasi Microsoft Windows. DirectX sendiri merupakan gabungan dari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound. DirectX SDK dapat diperoleh secara cuma-cuma dari Microsoft. Versi terbaru untuk Windows vista yang di luncurkan sekitar bulan januari 2007 adalah DirectX 10

Komponen



Komponen-komponen dari directX adalah:
DirectX Graphics, terdiri dari beberapa APIs:
DirectDraw: Untuk menggambar grafik 2D (raster graphics). Sekarang tidak disarankan (karena adanya Direct2D), meskipun masih digunakan sedikit game dan sebagai video renderer di media aplikasi.
Direct3D (D3D): Untuk menggambar Grafik 3D.
DXGI: untuk menghitung penyesuaian dan pengawasan, dan mengatur rangkaian pertukaran untuk Direct3D 10 keatas.
DirectInput: Untuk menangani alat masukan termasuk papan ketik, tetikus, tuas kontrols, ataugame controllers. Tidak disarankan setelah versi 8 karena adanya XInput untuk Xbox 360kontroler atau WM INPUT untuk keyboard dan mouse.
DirectPlay: Untuk komunikasi koneksi area lokal atau area luas. Tidak disarankan setelah versi 8.
DirectSound: Untuk putar balik dan merekam gelombang suara.
DirectSound3D (DS3D): Untuk putar balik suara 3D.
DirectMusic: Untuk putar balik rekaman suara yang disahkan di DirectMusic Producer.
DirectX Media: terdiri dari DirectAnimation untuk 2D/3D animasi web, DirectShow (Tidak disarankan sebentar lagi oleh Media Foundation) untuk multimedia putarbalik dan streaming media, DirectX Transform untuk interaksi web, dan Direct3D Retained Mode untuk grafik 3D tingkat tinggi. DirectShow terkandung DirectX plugin untuk pemroses sinyal audio dan DirectX Video Acceleration untuk video terakselerasi. Sejak Tahun 2005 DirectShow tidak termasuk dalam DirectX API. DirectShow dimasukan dalam paket Windows SDK.
DirectX Media Objects: mendukung streaming seperti enkode, dekode, dan efek.
DirectSetup: untuk memasang komponen DirectX.
Direct 3D 11


Microsoft mengumumkan directX 11 di Gamefest 08, Seattle, dengan dukungan terhadapGPGPU,dukungan tessellation, peningkatan terhadap dukungan multi-threading untuk membantu pengembang game menggunakan unit pengolah data(disebut juga processor) multi-core. Direct X 11 akan digunakan di sistem operasi vista, seven dan generasi seterusnya. Mekanisme multi-threading mampu didukung perangkat keras berbasis Direct3D 9/10/10.1. Tessellation dan Shader Model 5.0 membutuhkan perangkat keras berbasis Direct 3D 11. Microsoft sendiri telah merilis peninjauan teknis. Direct 3D 11 akan dirilis ke pabrik bulan Juli '09 dan dirilis ke publik bulan Oktober '09.

Description: Pengertian DirectX 8.9.10 Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: Pengertian DirectX 8.9.10


Artikel yang mirip:



Gali lebih banyak tentang Pengertian DirectX 8.9.10
Back To Top