Artikel Gratis Buat Kamu

cara menjadikan HP (HANDPHONE) 3G/3.5G menjadi modem internet


Artikel Terkait dengan cara menjadikan HP (HANDPHONE) 3G/3.5G menjadi modem internet

Cara menggunakan handphone sebagai modem internet adalah salah satu alternatif bagi kita yang memiliki handphone yang sudah mendukung 3G atau pun 3.5G namun belum memiliki modem USB yang digunakan untuk berinternetan.
Untuk menjadikan hp sebagai modem di komputer kita pun dapat melakukan beberapa langkah mudah, dan hal-hal yang terlebih dahulu perlu di persiapkan dalam melakukan hal ini adalah :


  1. Handphone yang mendukung 3G/3.5G, lalu apakah hp yang belum mendukung fitur tersebut dapat digunakan? semisal hanya mendukung gprs?, tentu bisa, namun kecepatan internet dari GPRS sangat lambat, jadi lebih baik gunakan yang 3G/3.5G, jadi saya tidak akan membahas yang GPRS namun langkah yang di pakai tidak lah jauh berbeda.
  2. SIM CARD untuk internet, bisa IM2, Telkomsel flash unlimited, XL atau yang lain nya.
  3. FIRMWARE dari handphone yang kita gunakan, firmware adalah driver yang kita gunakan untuk mengoperasikan handphone kita, misal: untuk nokia adalah nokia PC SUITE, sony ericsson adalah SONY ERICSSON PC SUITE dll. .
  4. Untuk menyambungkan hp kita ke internet di butuhkan suatu media seperti kabel data/ bluetooth.

Nah, kalo semua itu sudah lengkap maka tinggal kita lakukan langkah-langkah pemasangan nya. Kali ini saya menggunakan contoh SONY ERICSSON K800i Langkah-langkah nya adalah:

  1. Instal driver FIRMWARE bawaan hp.
  2. Kalo sudah selesai instal maka lanjutkan dengan menghubungkan kabel komputer dan hp dengan kabel data/ bluetooth. Pastikan sim card nya sudah terpasang di hp.
  3. setelah hp dan komputer sudah terhubung secara benar maka dengan sendiri nya hp akan muncul di panel firmware anda.
  4. setelah itu lakukan settingan, sebagai contoh saya menggunakan SONY ERICSSON k800i, kartu IM2 dan juga firmware sony ericsson. Pilih “create a new connection” lalu di next anda akan menemunka kolom isian “Name the connection” isi saja dengan nama apa saja, lalu di bagian “country/region” pilih yang Indonesia dan di bagian service provider pilih yang “INDOSAT” lalu next.
  5. Dilangkah kelima ini kita di hadapkan pada 2 pilihan antara “matrix 3G dan matrix GPRS” kita pilih saja yang “matrix 3G” namun jangan lupa untuk TIDAK men ceklist tanda yang ada di “use default parameters” lalu next.
  6. Dilangkah ini kita diminta untuk memasukan username dan password, dan juga APN, untuk settingan ini bisa berbeda-beda tergantung dari ketentuan configurasi kartu anda, untuk IM2 biasa nya username dan password di isi sesuai yang pernah kita isi dan yang APN kita isi dengan nama indosatm2.
  7. Setelah langkah ke enam maka kita next-next terus aja sampe ketemu tulisan fall-back connection creation lalu akan muncul pertanyaan “create a call back connection?’ maka pilih yang “no” lalu next dan finish!.
  8. dari cara di atas adalah cara yang di terapkan apabila kita ingin menggunakan koneksi 3G/3.G, tapi kalo ingin membuat koneksi GPRS maka pada langkah ke 5 kita pilih yang “matrix GPRS”. dan untuk settingan yang lain cara nya sama seperti yang dilakukan di atas.
Semoga membantu.







Description: cara menjadikan HP (HANDPHONE) 3G/3.5G menjadi modem internet Rating: 5.0 Reviewer: Eri ItemReviewed: cara menjadikan HP (HANDPHONE) 3G/3.5G menjadi modem internet


Artikel yang mirip:



Gali lebih banyak tentang cara menjadikan HP (HANDPHONE) 3G/3.5G menjadi modem internet
6 Komentar untuk "cara menjadikan HP (HANDPHONE) 3G/3.5G menjadi modem internet"
Anonymous
delete

gan ada driver bluetooth modem buat corby touch ga? ane dah nyari di google ga ketemu2

driverny yg susah mas.

katakngangkang.blogspot.com

wah.info ini sudah lama saya cari,eh ternyata ketemu disini,trims yach wandi,succes alwasy

Anonymous
delete

gmn sih cara mencari drivernya..ga ngerti

Sangat membantu nih informasinya.

Back To Top